Tuesday, October 26, 2004

Setialah!

Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir
Filipi 2:12

Suatu saat Joni ditugaskan oleh kantornya keluar negri. Tidak seperti di kota asalnya, Joni ditempatkan di sebuah desa kecil yang sepi. Yang lebih menyedihkan lagi adalah tempat Joni tinggal sangat jauh dari gereja. Setiap kali akan pergi ke gereja, Joni harus berjalan kaki 30 menit menuju stasiun kereta terdekat, naik kereta 10 menit, kemudian disambung dengan 30 menit lagi berjalan kaki. Belum lagi jika ada badai salju, dinginnya luar biasa. Itupun untuk mencapai sebuah gereja yang kurang ‘ideal’: selalu nyaris kosong, dengan pendeta dan jemaat yang kurang peduli pada Joni.
Secara rohani memang sedikit yang bisa Joni dapatkan dari gereja itu, jelas tidak sebanding dengan perjuangannya untuk ke gereja. Tetapi Joni selalu pergi ke gereja, karena dia tahu, bahwa pemeliharaan Allah tidak hanya datang dari gereja. Joni pun bisa merasakan, betapa Allah memelihara dia lewat orang-orang disekitarnya, dan buah rohani itu dia rasakan justru lewat orang-orang yang terdekat dengannya. Dengan tetap hadir di gereja, Joni sedang mengerjakan keselamatannya. Walaupun lingkungan dan situasi tidak mendukung, kita tetap harus setia mengerjakan keselamatan kita. Percayalah, setiap kali kita berkorban untuk kepentinganNya, Allah sedang tersenyum memandang kita dari Surga.

No comments: