Tuesday, October 26, 2004

Sukses di Mata 'Kaisar' dan Tuhan

Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berilah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.
Markus 12:17

Gambar kaisar yang terdapat pada uang dinar dalam perikop ini adalah Kaisar Tiberius, yang memerintah dari tahun 14 sampai 37 Masehi. Uang dinar pada jaman itu bergambar muka kaisar yang bermahkota daun dan menghadap ke kanan, disertai tulisan “TI(BERIUS) CAESAR DIVI AUG(USTI) F(ILIUS) AUGUSTUS”. Tulisan ini berarti ‘Kaisar Tiberius, Anak dari Dewa Agustus yang juga adalah seorang Agustus’.
Ketika Yesus mengangkat keping logam itu dan menunjukkannya pada orang Farisi dan Herodian, maka orang-orang yang mendengar langsung mengerti maksud Yesus: tulisan dan gambar pada keeping tersebut sebenarnya merupakan hujatan bagi agama Yahudi, karena melanggar 10 perintah Allah yang kedua dengan mendewakan Kaisar Roma. Dengan demikian Yesus menunjukkan kemunafikan orang Farisi tersebut, yang setiap hari berdagang dan menerima persembahan berupa keping logam berisi hujatan.
“Berikanlah kepada Kaisar, apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar”. Dengan berkata demikian, Yesus menginginkan kita untuk hidup secara realistis dan tidak munafik. Kita boleh saja membayar pajak, berdagang, atau menjalankan aktivitas duniawi lainnya. Menjadi Kristen tidak selalu berarti kita harus berdoa terus menerus atau tinggal di gereja setiap hari. Tetapi, janganlah lupa memberikan kepada Allah, apa yang wajib kamu berikan kepada Allah. Imbangilah kegiatan duniawi itu dengan takaran rohani yang cukup, sehingga kita tidak melalaikan salah satu, tapi dapat sukses di mata ‘Kaisar’ dan di mata Tuhan.

No comments: