Monday, January 03, 2005

Renungan Tahun Baru 2005

“Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah meninggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya”
Kolose 3:9-10

Saya selalu membayangkan penampilan fisik saya sebagai agak gemuk dengan rambut yang menipis. Sejak tahun 2000 sampai sekarang, image saya mengenai diri saya selalu sama: agak gemuk dan rambut menipis. Tetapi, ketika saya melihat foto-foto lama, dari tahun 2000 sampai 2004, saya kaget sendiri. Awal tahun 2000, ketika saya masih di Eropa, ternyata saya sangat-sangat kurus dan berkulit agak hitam. Rambut saya pun masih lumayan tebal. Lalu ketika pulang ke Indonesia tahun 2001, badan saya mulai agak gemuk, dan sekarang mencapai taraf yang mengkhawatirkan walaupun belum overweight. Rambut juga sama, semakin tipis dan mudah-mudahan tidak menipis lagi!
Kadang-kadang kita tidak menyadari perubahan yang terjadi pada diri kita. Kita berpikir bahwa dari dulu sampai sekarang kita selalu sama, padahal kondisi lingkungan yang berbeda membuat kita berubah. Ini baru hal fisik, belum lagi sifat dan kelakuan kita. Saya juga sadar, bahwa sifat saya menjadi cenderung emosional dan bossy, sesuai dengan pekerjaan saya sekarang. Padahal waktu mahasiswa, saya tidak begitu.
Memang, ada kalanya kita harus berhenti dan melihat foto masa lalu, untuk menyadari betapa kita berubah dan ke arah mana kita berubah. Kita juga perlu melihat ’mental picture’, berbicara kepada teman-teman di masa lalu, yang bisa menilai ke arah mana kelakuan dan sikap kita berubah. Secara fisik semua jelas: saya harus mengurangi berat badan dan menyelamatkan rambut saya dari kepunahan! Bagaimana sifat dan kelakuan saya? Yang ini jauh lebih sulit. Tetapi, dengan bimbinganNya saya yakin, asalkan kita mau menyadari posisi kita dan tahu ke arah mana kita berjalan, kita akan menjadi ’manusia baru’ yang lebih baik! Selamat tahun baru 2005, Tuhan memberkati!

No comments: