Tuesday, March 22, 2005

Repotnya membasuh noda

Marilah, baiklah kita berperkara! – firman Tuhan – Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba”
Yesaya 1:18

Pengalaman memiliki binatu atau laundry kecil-kecilan membuat saya paham betapa sulitnya membersihkan noda. Rupanya ada berbagai macam teknik khusus untuk membersihkan noda. Noda tinta, bisa dihilangkan dengan aseton, sementara noda minyak dengan pelarut organik nonpolar seperti toluen. Noda darah, bisa dihilangkan dengan 3-5% Hidrogen Peroksida (H­2O2), suatu oksidator yang sangat kuat. Setiap noda harus dihilangkan dengan cara yang spesifik, misalnya noda minyak, seberapapun kecil, tidak akan hilang dengan peroksida. Alih-alih bersih, warna asli pakaian bisa rusak karena efek peroksida!
Adanya noda sendiri merupakan ketidaksempurnaan yang sulit dihilangkan. Sekali warna baju rusak karena pemutih, misalnya, tidak akan mungkin kembali ke asalnya. Jika baju menjadi luntur, atau cat mobil tergores, maka cacat itu akan dibawa selamanya oleh benda itu. Seringkali nasib si baju luntur akan berakhir di lemari, seberapapun mahal dan indahnya baju itu sebelum luntur. There’s no turning back!
Hidup kita juga sebenarnya demikian. Jika diibaratkan kain, maka noda dosa kita sudah sebegitu banyaknya sehingga hidup kita seperti kain gombal – kain lap yang jorok dan penuh noda. Keagungan dan keindahan kain kehidupan kita, sudah sangat tertutupi oleh bebagai macam noda sehingga tidak terlihat lagi!
Untung kita punya Allah yang Maha Pemurah. Dalam Yesaya 1:18, Ia mengatakan bahwa selama kita patuh dan taat, noda dosa kita akan dihilangkannya. Ia tahu bahwa kain kehidupan kita yang putih sudah merah, bersimbah darah dan noda. Tidak ada peroksida yang cukup kuat membersihkannya, kecuali peroksida 100% yang akan menghancurkan kainnya sekalian. Tapi Ia yang Maha Pemurah masih memberikan kesempatan bagi kita sehingga noda itu dihapuskannya. Sekarang, kain kita telah bersih – mari kita jaga agar jangan ternoda lagi!

No comments: